Jumat, 22 November 2013

Arti Simbol 4 jari Rabia / Rabi’ah / Rab’ah dalam Konflik Mesir

Arti Simbol 4 jari Rabia / Rabi’ah / Rab’ah dalam Konflik Mesir
rabia (1)Fey777.com – Saudara kita di negara Mesir, saat ini sedang mengalami konflik yang memilukan hati. Aksi kudeta  kekuasaan oleh militer dan polisi berefek konflik yang menimbulkan jatuhnya ribuan korban  sipil. Negara Mesir mempunyai cerita sejarah dengan Indonesia. Pemerintah Mesir adalah negara yang paling pertama mendukung kedaulatan Republik Indonesia.
Beberapa hari yang lalu, di lapangan Rabi’ah Al-Damiyah atau yang sering disebut sebagai lapangan Rab’ah ribuan orang demonstran wafat. Pasca tragedi kemanusiaan di lapangan Rab’ah tersebut, Perdana Menteri Turki, Recep Tayip Erdogan memprakarsai simbol 4 jari untuk mengenang peserta aksi demonstrasi damai yang diserang secara brutal oleh militer dan polisi Mesir.
simbol-rabiah2
Recep Tayip Erdogan Memprakarsai Simbol 4 jari Rabiah
Social media atau jejaring sosial merupakan media online yang sangat terkenal saat ini bagi semua kalangan. Sosial Media menjadi pilihan favorit untuk menyampaikan pesan dan informasi dan berefek cepat.
Di jejaring sosial twitter, facebook dan juga profil picture di BlackBerry Messenger, Whatsapp ataupun Yahoo! Messenger, simbol 4 jari berlatar kuning ini sudah massif dipakai.
Mungkin ada banyak yang yang bertanya, mengapa orang ramai menggunakan default picture (DP) facebook atau jejaring sosial lainnya menggunakan simbol 4 jari dan hashtag#R4BIA? Apakah R4BIA itu?
Berikut sedikit penjelasan singkat mengenai Arti Simbol 4 jari Rabia / Rabi’ah / Rab’ah dalam Konflik Mesir yang saya kutip dari berbagai sumber.
  1. Dalam bahasa Arab, Rabi’ah/arba’ah artinya Empat . Rab’ah (angka 4) dijadikan sebagai simbol keteguhan , kekuatan , perlawanan dan persatuan untuk seluruh dunia yang mencintai kebebasan.
  2. Simbol 4 jari sebagai simbol untuk mengenang markas demonstran Pro Mursi diRabi’ah yang telah dihancurkan oleh tentara junta . Simbol 4 jari untuk menunjuk ikon Rabi’ah.
  3. Di Mesir kebanyakan tempat atau daerah menggunakan istilah nomor dan mereka menggunakan simbol isyarat jari dalam keseharian. Sebagai contoh Hayyu Asyir (Daerah 10) , Hayyu Sabiek (Daerah 7) biasanya menggunakan simbol peace V, Hayyu Sadis (Daerah 6), Hayyu Thamin (Daerah biasanya menggunakan simbol atau isyarat V terbalik dan lain sebagainya.
  4. Seperti dijelaskan diatas, simbol 4 jari ini telah diluncurkan oleh Perdana Menteri Turki , Recep Tayip Erdogan mulai Sabtu (17/8/ 2013) setelah mengecam keras pembantaian yang dilakukan tentera junta Mesir yang terjadi pada hari Jumat dan Sabtu di Ramses Square dan Masjid Fatih yang dikepung tentara junta.
  5. Tujuan avatar simbol #R4BIA dipakai oleh pendukung Morsi di media sosial seperti facebook dan twitter sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap apa yang terjadi di Mesir . Selain itu bisa juga untuk menggugah kesadaran masyarakat umum mengenai krisis kemanusiaan yang terjadi di Mesir sekarang ini.
Sekian tulisan mengenai Arti Simbol 4 jari Rabia / Rabi’ah / Rab’ah dalam Konflik Mesir, semoga bermanfaat.
Semoga Allah senantiasa melindungi saudara-saudara kita di Mesir. #SaveEgypt

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi Blog ini
copy paste atau copas boleh tapi harus dicantumkan blog ini...
Bila comment harus pakai bahasa yang sopan dan ramah bila tidak akan dispam..