Jumat, 08 November 2013

Apple Perbudak TKI untuk produksi iPhone 5

Lagi, Apple diketahui perbudak TKI untuk produksi iPhone 5

Meski produknya bagus, produksi perangkat Apple seringkali menghadapi masalah. Dalam hal sumber daya manusia misalnya, Apple kerap dinilai tidak memanusiakan manusia dengan memaksa pekerja bekerja di luar kewajaran.
Seperti yang dilansir oleh The Verge (7/11), hal ini kembali mencuat berkat laporan dari Bloomberg Businessweek. Disebutkan, pada produksi iPhone 5 yang produknya sukses itu, terdapat banyak pelanggaran hak-hak kerja yang dilakukan oleh rekanan Apple.
Salah satunya berasal dari Flextronics International, supplier besar Apple dalam hal perakitan perangkat. Diduga, Flextronics mempekerjakan orang Indonesia dan beberapa negara di Asia Tenggara lainnya dengan cara tidak etis.
Flextronics menyewa sebuah penyalur tenaga kerja untuk mencari buruh yang berasal dari latar belakang keluarga miskin. Buruh ini kemudian dijanjikan gaji besar namun harus terlebih dulu membayar biaya pendaftaran yang amat besar.
Besarnya biaya ini disebutkan setara dengan gaji selama setahun yang nanti akan diterima buruh tersebut. Hal ini belum termasuk bunga jika nantinya biaya yang dibayarkan buruh tersebut tidak secara tunai.
Selain itu, buruh juga diharuskan menyerahkan paspor mereka pada penyalur tenaga kerja sebagai jaminan untuk membayar hutang tersebut. Akibat hal ini, buruh pun banyak yang terpaksa menjual harta bendanya untuk menutupi hutang tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi Blog ini
copy paste atau copas boleh tapi harus dicantumkan blog ini...
Bila comment harus pakai bahasa yang sopan dan ramah bila tidak akan dispam..