Minggu, 23 Juni 2013

Malam Nifsu sa'ban

 
Tak terasa kita kini telah berada dalam bulan Sya’ban. SETENGAH BULAN lagi akan datang bulan Ramadhan yang penuh berkah, insya Allah. Di bulan Sya’ban ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam biasa memperbanyak shaum sunnah. Sebagian besar hari-hari dalam bulan Sya’ban diisi oleh beliau shallallahu ‘alaihi wa salam dengan shaum sunnah.
Para ulama menjelaskan bahwa di antara hikmah banyak melakukan shaum sunnah di bulan Sya’ban adalah sebagai persiapan jasmani dan ruhani, sebelum melaksanakan shaum wajib sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Hal itu sebagaimana disyariatkannya shalat sunnah qabliyah sebelum shalat wajib.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، قَالَتْ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ” يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ: لاَ يُفْطِرُ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ: لاَ يَصُومُ، فَمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلَّا رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ “

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam biasa melakukan shaum sunnah secara terus-menerus sampai kami mengatakan beliau tidak pernah tidak shaum. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam juga biasa tidak melakukan shaum sunnah secara terus-menerus sampai kami mengatakan beliau tidak pernah shaum. Aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam melakukan shaum satu bulan penuh kecuali shaum Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak shaum sunnah dalam satu bulan melebihi bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)

ay0000.... puasa sunnah..!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi Blog ini
copy paste atau copas boleh tapi harus dicantumkan blog ini...
Bila comment harus pakai bahasa yang sopan dan ramah bila tidak akan dispam..